Rabu, 08 Februari 2012

Mengakses Website

Assalaamualaikum wr. wb.

Hari ini saya akan kembali update blog dengan tema "Mengakses Website". Semoga postingan ini ada manfaatnya bagi kita semua :)

Dalam mengakses sebuah Website elemen yang terpenting dalam menjelajah Web adalah adanya Software yang bernama Web Browser.  Web Browser adalah sebuah peramban/software yang diinstal pada sebuah PC untuk dapat berselancar/menjelajah diinternet.

Macam-macam Web Browser yang saya ketahui mungkin hanya segelintir saja. Tapi Web Browser ada didunia maya mungkin jumlahnya sudah sangat banyak. Maka akan admin sedikit bagi info tentang beberapa Web Browser yang admin tahu :)

- Google Chrome
Peramban ini merupakan buatan dari mesin pencari raksasa Google yang konon katanya kini telah mengalahkan pamor Mozilla Firefox sebagai browser yang paling sering dipakai pengguna didunia .

- Safari
Browser ini adalah browser yang sejatinya menyatu dengan sistem operasi Machintos OS atau lebih dikenal dengan nama singkatan Mac OS, browser ini dapat diinstal pada sistem operasi yang lain seperti halnya Windows dan Ubuntu.

- Internet Explore Seperi halnya Safari yang menyatu dengan Mac OS. Peramban ini ada dalam kemasan Pre Instal jika kita menginstal OS Windows pada PC kita.

Pengalaman pribadi : "Saya adminkan masih SMP. Jadi dirumah karena masih belum buat keperluan yang berat jadi masih memakai sebuah Mini Notebook ber OS W7 dan dalam paket penjualan itu mendapat Instalan OS W7 Basic dan juga IE pre instal versi 8 dan ketika ingin meningkatkan versinya selalu gagal. Tapi setelah diinstalkan diwarnet depan SMP ditempat admin fiyan ini sekolah dengan upgrade W7 versi Ultimate yang tentu bukan asli, dan langsung dapat terupdate jadi jika ingin menikmati layanan IE 9 meski memiliki OS Windows yang sudah tipenya berbayar :)."

- Mozilla Firefox
Sekarang adalah browser buatan Mozilla Corporation. Sekarang browser ini sudah mencapai versi 10 "Waktu beberapa waktu yang lalu admin cek di situs filehippo" bukan versi beta.

Bagi admin karena sering nongkrong disekolah sampai sore untuk browsing, blogging atau mungkin sekedar lagi ingin menghabiskan waktu diwarnet mungkin browser inilah yang paling seru diajak internet mania menghabiskan waktu. Soalnya selain kemampuan membuka halaman Web yang cepat dan tampilan yang terbaik menurut admin. Browser ini selalu mengupdate versinya sehingga dapat dijamin ma dek admin kalau browser ini tak tertinggal dengan yang lain. Dan dapat diconnectkan dengan IDM jadi akan lebih mudah mendownload video Utube.

Masih banyak browser di alam maya tapi baru sampai 4 browser yang admin sampaikan semoga bisa menyambungnya dilain waktu :).

Mungkin selain Browser terkenal seperti yang diatas ada juga peramban lain seperti Avant Browser, Opera, Netscape Navigator, Sea Monkey dan mungkin masih banyak lagi yang lain.

Kalau ada yang ingin mencari tahu tentang jenis Browser atau berminat untuk download browser atau plug in bisa  kunjungi aja http://www.filehippo.com/software/internet/

Tentunya cara mengaktifkan sebuah peramban seperti pada contoh diatas sudah menjadi hal yang mudah karena biasanya sudah ada tool atau icon yang biasanya langsung ada pada tampilan awal dekstop atau berada disamping menu start tinggal kita menggunakan klik kanan dua kali atau klik kiri sekali lalu open. Tapi akan jadi masalah jika ternyata icon peramban tersebut menghilang dari layar dekstop, jadi kalau seperti itu kasusnya silakan ikuti sekema berikut klik Start-All Program- kemudian kita cari icon browsernya kemudian klik dua kali.

Cara menulis alamat Website adalah dengan menulis di kotak yang letaknya diatas dalam program Web Browser yang tertulis kata address. Dikotak ini kita memasukan alamat Web yang akan kita kunjungi. Formatnya http://www.nama alamat Web.domain

Contoh-contoh alamat Website juga Web Blog :

http://www.kangfiyan97.blogspot.com
http://www.tabloidpulsa.co.id
http://www.vivanews.us
http://www.didno76.blogspot.com

Dan ini Web Blog milik guru pembimbing admin Pak Wastra
http://www.kataparadokter.blogspot.com

Domain sebenarnya adalah sebuah kode atau identitas sebuah Web. Contoh kalau .com itu berarti komersil dan kalau .id .cc itu adalah kode negara.

Link nama lengkapnya adalah Hyperlink, biasanya berupa sebuah tulisan yang agak berbeda yang menghubungkan satu halaman Web kehalaman Web lain.

Cara mencari link sangat mudah. Dalam sebuah Website tulisan yang memiliki garis bawah atau miring atau juga memiliki warna yang berbeda dari tulisan yang lain dan ketika didekati
cursor berubah menjadi gambar tangan itu mengindikasikan bahwa itu sebuah link.

Cara membuka sebuah link adalah dengan mengkliknya sebanyak dua kali.

Jika kita ingin mencetak sebuah Web adalah dengan menggunakan perintah Ctrl+P atau jika Keyboard rusak dapat dengan mengikuti skema ini File - Page Setup kemudian akan muncul sebuah jendela untuk mengatur cetakan sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk menyimpan alamat Web agar dapat dilihat di kemudian hari dengan cara Offline dapat kita lakukan dengan printah Ctrl+S atau cara manual dengan skema Favorites-Add to Favorite lalu muncul jendela baru tinggal kita isi dengan nama Website itu atau nama apapun yang kita mau.

Sekian dari saya admin satu-satunya Fiyan Wahyu S.
Wassalammualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar: